Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Trip Jogja Bag. 1

Waktu itu gue dapet off dua hari dari kerjaan, kebetulan pas di bulan itu ada tanggal kejepit yaitu hari senen dan selasa nya libur nasional. Jadi nyambung deh libur dari sabtu ampe selasa. Semula rencana gue mau manfaatin liburan buat balik ke kampung. Tp di pikir-pikir rasanya udah lama juga gue gak jalan. Oke deh dadakan gue ngambil keputusan buat jalan aja.

Tanpa pikir panjang, gue langsung mutusin buat ke Jogjakarta aja meskipun udah beberapa kali gue kesana. Tp gpp lah sambil ngisi liburan juga. Kali ini gue pergi sendiri, di Jogja nya mau kemana aja gue belum tau yang penting jalan aja dulu.

Pulang kerja hari Jum’at, langsung meluncur ke Stasiun Senen. Gila musti antri panjang buat dapetin tiket kereta. Eh, giliran dapet gak kebagian nomor tempat duduk pula. Saat gue naik kereta, sengaja aja gue dudukin bangku yang kosong sambil nunggu yang punya bangku dateng dan ngambil alih. beruntungnya tu yang punya bangku nggak ada sampai tiba di Jogja.

Sabtu pagi sekitar jam 6.00 gue nyampe di Stasiun Tugu Jogjakarta. Nyari toilet buat cuci muka, mandi dan ganti baju. Sedikit jalan kaki sampe di Malioboro, masih sepi banget, toko-toko blm ada yang buka, yang ada hanya gerobak-gerobak yang jualan makanan. Ya sudah sekalian gue sarapan dulu aja.
Udah sarapan, gue masih bingung mau kemana dan nginep dimana. Di seberang tempat gue makan ada warnet tuh ternyata, saatnya ke warnet buat nyari info wisata di Jogja dan penginapan murah. And akhirnya gue bikin jadwal.

Hari pertama gue pergi ke Borobudur, dari Malioboro gue langsung naik umum menuju terminal Jogjakarta, langsung naik lagi bus jurusan ke Borobudur, sampe di terminal borobudur, gue sedikit jalan kaki menuju lokasi wisatanya. Sebenernya ada ojeg si, tp tanggung deket ini kok.

Siapin kamera, dompet yang ada di tas dan tas nya gw titipin di loket. Masuk, ngambil kain. Di pikir2 gue kayak anak ilang gak ada temen ngobrol sama sekali kelibukan kesana-kemari. Sampe sana Borobudur masih dalam rehabilitasi pasca erupsi merapi. Jadi gue gak bisa nikmatin stupa yang di puncaknya. fiuh.. tp gpp lah.

Bener-bener anak ilang, mau foto kudu pake timer dulu supaya bisa foto sendiri. Jepret sana, jepret sini. Susah dapet pose yang pas. Akhirnya ya udah, gue fotoin aja tuh bule-bule dan batu-batu depan gue.

Satu moment yang menarik ketika gue lagi foto sendiri. Segerombolan orang lewat, lalu berhenti nunggu gue selesai berpose. Sumpah gue malu banget. Hingga akhirnya ada salah satu dari segerombolan tadi rela hati motoin gue, Namanya Santi dia asli orang Bandung, karena gue sunda juga, ujung-ujungnya kita komunikasi dalam bahasa Sunda juga. Tau nggak Santi ini kalo diibaratkan selebritis dia mirip Nabila Syakieb. Saking terpesonanya gue ampe lupa minta nomor HP nya. hahahaha gatel

Difotoin Sama Santi
Di kawasan Borobudur ada Museum Kesenian. Disana dapat dilihat Patung Budha terkecil, Lukisan Borobudur terkecil yang liatnya musti pake kaca pembesar. Banyak juga lukisan dan barang-barang yang memiliki nilai seni yang tinggi. Dan gue berfoto diantara salah satu lukisannya.

Udah sore, mendung juga. Saatnya nyari penginapan. Informasi penginapan murah yang dapet gue catet waktu di warnet adalah di sekitar Malioboro tepatnya di Sosrokusuman. Gue langsung meluncur dari Borobudur menuju Sosrokusuman dengan sedikit kehujanan.

Menyusuri Sosrokusuman banyak sekali penginapan-penginapan, gue tanya satu-persatu dan rata-rata penuh, hingga akhirnya gue dapet kamar murah yang tarifnya Rp. 40.000/malam untuk 1 orang dan Rp. 50.000/malam untuk 2 orang. Gue langsung cekin buat 2 malam.

Beres-beres kamar, mandi, ganti baju dan jalan lagi ke sekitaran Malioboro dan alun-alun. Rame banget, karena malem minggu juga kali ya ? hehe.. Ada fashion show, tarian tradisional, deretan sepeda onthel, pokoknya rame deh meskipun ada sedikit keributan yang gue gak tau kenapa.

Sedikit keliling-keliling ke alun-alun dengan sewa becak Rp. 5.000. Gue dianter ke tempat beli oleh-oleh, monumen, dll. terakhir gue berhenti di sepan Mesjid Agung Jogja sekalian nyari makan dan beli cemilan buat di kamar ntar.