Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Negara Kazakstan

wisata_murah
Peta Kazakstan
Hai... Dolan mau ngajak Sahabat untuk mengenal Negara Kazakstan. Sebuah negara besar di Asia Tengah, Kazakstan terbentang dari Laut Kaspia hingga ke China, diantara Rusia Utara dan Turkmeniskan, Uzbekistan, serta Kirgistan di selatan.

Kecuali bagian timur yang bergunung-gunung, wilayah negara ini terdiri atas dataran rendah dan dataran tinggi. Kazakstan memiliki kekayaan alam yang patut diperhitungkan. Bagian barat yang berbatasan dengan Laut Kaspia, memiliki sumber daya minyak dan gas alam yang sangat besar. Sumber daya tersebut menjadi salah satu pilar ekonomi negara.

Sisi utara negara ini berupa tanah hitam yang menghasilkan gandum berkualitas tinggi dan daging lembu. Daerah tersebut juga kaya akan hasil tambang (batu bara, besi) dan menjadi daerah industri yang paling berkembang. Bagian tengah wilayahnya berupa gurun dan stepa gersang yang biasanya kosong. Namun, disitu masih dapat ditemukan beberapa peternakan biri-biri dan juga lokasi pertambangan.

Sisi selatan Kazakstan merupakan wilayah yang paling banyak didiami penduduk dan memiliki iklim yang bagus. Iklim tersebut, terutama di dataran Syr-Daria, sangat menguntungkan bagi pertanian kapas, padi, termasuk tanaman buah dan sayuran.

Adakah Sahabat yang sudah berkunjung kesana ? bagi-bagi pengalaman ya !!!

Posting Komentar untuk "Mengenal Negara Kazakstan"