Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Museum Sejarah Jakarta di Kota Tua

museum
Museum Sejarah Jakarta
Nah, jalan-jalan ke Kota Tua harus masuk ke Museum yang satu ini. Terletak di Jl. Taman Fatahillah No. 1 Jakarta Barat sebagai unggulan kawasan Kota Tua. Menempati Gedung yang dibangun dua lantai (T.18M) pada tanggal 25 Januari 1707 oleh orang Belanda melalui Gubernur Jenderal Van Hoorn, pembangunannya selesai kurang lebih 3 tahun dan dinyatakan siap pakai pada tanggal 10 Juli 1710 oleh gubernur jenderal Abraham Van Riebeck.

Digunakan lantai bawah/dasar sebagai Stadhuis atau kantor Balai Kota Pemerintahan Belanda (Batavia). Lantai atas/dua digunakan sebagai kantor dewan pengadilan/dewan Hindi Belanda.

Sejak tahun 1942-1945 pernah dipakai oleh orang Jepang sebagai markas Pengendalian Peralatan Logistik. Lalu tahun 1958-1972 digunakan oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari mulai KMK (Keamanan Militer Kota) sampai Kodim 0503 - Jakarta Barat, kemudian tanggal 30 Maret 1974 diresmikan menjadi Museum Sejarah Jakarta oleh Gubernur KDKI Jakarta Ali Sadikin.

Nah, Sahabat Dolan, itulah review salah satu museum yang berada di kawasan wisata sejarah Kota Tua Jakarta. Semoga jalan-jalan nya bermanfaat dan nambah ilmu tentunya.

Posting Komentar untuk "Museum Sejarah Jakarta di Kota Tua"